Ulo, Burung Hantu Imut Teknologi CCTV Terbaru

Ulo, Burung Hantu Imut Teknologi CCTV Terbaru

Teknologi Closed Circuit Television (CCTV) terbaru saat ini, membawa segudang fitur keamanan yang canggih. Dan dipastikan teknologi ini ke depan, dapat memperkuat keamanan, baik itu dalam lingkup profesional maupun kelas rumahan.

Hikvision, produsen ka­mera CCTV ternama dunia asal Tiongkok, baru-baru ini secara resmi memperkenalkan serangkai­an produk kamera CCTV terbaru untuk pasar Indonesia. Dan tentu­nya semua lini kamera CCTV yang dirilis, membawa teknologi terbaru yang mumpuni, khususnya untuk mewujudkan lingkungan yang se­hat, nyaman dan kondusif.

“Kami bangga dapat terus berinovasi dengan menghadir­kan teknologi ramah lingkungan demi meningkatkan efektivitas serta kenyamanan lingkungan di Indonesia. Dengan standar riset dan pengembangan produk, Kami bertekad untuk memperluas pasar kami di Indonesia,” ujar Country Manager Hikvision, Steven Wang, di Jakarta, belum lama ini.

Sejumlah fitur yang sudah dia­dopsi oleh jajaran kamera CCTV teranyar Hikvision di antaranya adalah fitur anti karat dan anti meledak. Selain itu, ada juga fitur transmisi NVR, POE switch (300 meter), dan TVI (1.200 meter) yang lebih panjang diban­dingkan dengan produk CCTV pesaingnya.

Lalu, yang juga tidak kalah menarik, produsen CCTV ini turut mengembangkan codec terbaru yang disebut H.265+. Codec ter­baru ini merupakan hasil pengem­bangan dan telah menjadi paten Hikvision.

Keunggulan Codec H.265+ sen­diri, mampu mengkompresi file video yang direkam oleh produk Hikvision terbaru secara otomatis, tanpa menurunkan kualitas reka­mannya, sehingga masih sangat nyaman untuk kita amati.

Duwi Megeng Kumoro, Techni­cal Manager Hikvision menjelas­kan kemampuan lain dari teknolo­gi codec H.265+, dapat menangani 20 channel kamera CCTV hanya dengan dukungan media penyim­panan berkapasitas 3 TB. Padahal pada codec sebelumnya, untuk menangani 10 channel kamera CCTV, tidak kurang membutuh­kan media penyimpanan sebesar 6TB.

Sementara itu, salah satu perangkat yang diluncurkan oleh Hikvision adalah produk seri Turbo HD 3.0 yang didesain de­ngan kualitas kamera beresolusi 5 megapiksel. Kualitas videonya 4K, teknologi tambahan lainnya yaitu berupa resolusi Full HD 1080p dan juga HD 720p.

Untuk kamera CCTV ini sangat cocok, diaplikasikan untuk moni­toring harian di berbagai tempat seperti perbankan, pertambang­an, bandara, pelabuhan dan tempat lainnya secara non-stop selama 24 jam.

“Dengan teknologi yang kami sematkan ini, kami tetap mengha­dirkan produk dengan harga yang terjangkau. Selain itu, kami telah sukses merambah pelanggan di berbagai industri di seluruh du­nia,” tukasnya.  ima/R-1

Beberapa Pilihan

Lewat pemasangan kamera CCTV atau yang juga dikenal sebagai kamera pengintai ini, segala momen di sekitar ruang hidup Anda dapat terekam dan tersimpan dengan baik.

Tentu kehadiran teknologi ini, menjadi sangat berarti bagi tem­pat-tempat penting, seperti ruang publik, tempat usaha atau bahkan rumah Anda sendiri. Karena sejak teknologi ini ditemukan, setidak­nya CCTV telah banyak memban­tu masyarakat untuk menghadapi masalah, khususnya dalam hal kriminal. Seperti pengungkapan kasus perampokan sadis di Pulo­mas akhir 2016 misalnya.

Bagi yang tertarik untuk meng­awasi area penting Anda dengan bantuan kamera CCTV berikut beberapa produk yang bisa dian­dalkan.

  1. Tp-link NC450

NC450 adalah perang­kat pendukung yang cocok digunakan untuk skala rumahan atau ruang kantoran. Yang menjadikan kekuat­an NC450 ialah dapat mengirimkan pem­beritahuan melalui email secara otomatis ketika terdapat ge­rakan atau suara yang mencurigakan di ruang pribadi Anda.

Bentuk CCTV ini, sangat mini­malis dan bisa dipasang di depan rumah atau di dalam ruangan, dan pemilik dapat melihat ke segala arah dari ruangan dengan satu camera saja.

Sudut kamera untuk meng­ambil gambar pada CCTV ini sampai 75 derajat dari posisi lensa. Rekaman video mengunakan kompresi H.264 dengan kecepatan maksimum 30fps 1280x720pixel.

Koneksi kamera TP-Link NC450 ke perangkat lain dapat menggu­nakan jaringan WIFI. Selain itu, di dalam kamera CCTV ini juga terdapat microphone dan speaker, serta pengaturan rekaman video untuk menambah keterangan waktu, tingkat kecerahan, kontras dan warna.

  1. Canary Flex

Kamera CCTV pintar ini dibekali dengan kamera yang bisa mendeteksi gerakan (auto fokus) berlensa 116 derajat wide-angle dengan kemampuan mengambil video HD.

Menariknya, kamera CCTV yang juga baru dirilis ini bisa mengambil gambar saat siang maupun malam. Di saat malam hari, Canary Flex punya fitur Night Vision yang bisa mengam­bil gambar secara high quality meski berada dalam ke­kurangan cahaya.

Selain bisa memonitor­ing dari jarak jauh, kamera CCTV ini juga memi­liki speaker dan micro­phone. Di mana micro­phone berguna untuk merekam suara dan speaker berguna untuk menyampaikan apa yang akan Anda katakan kepada objek gam­bar atau tamu yang berada di luar ruangan.

Seperti dilansir dari Tech­Crunch, Canary Flex tidak meng­gunakan kabel, ia ditenagai oleh baterai sebesar 6700mAh lithium-ion yang bisa di charge dan mampu bertahan hidup hingga satu bulan.

CCTV ini juga bisa terhubung langsung melalui smartphone. Jadi artinya Anda bisa pantau situasi secara lang­sung me­lalui fitur koneksi Bluetooth Low Enery (BLE).

  1. CCTV “Ulo”

Nah, CCTV yang satu ini me­miliki bentuk yang tidak biasa yaitu menyerupai wajah burung hantu yang menggemaskan. Al­hasil apabila Anda mengunakan alat pemantau satu ini, selain sebagai CCTV, Ulo juga dapat menjelma menjadi pajangan.

Kendati demikian, alat peman­tau ini juga menawarkan banyak fitur pengawasan, seperti night vision, dan sensor gerak, laporan langsung rekaman video melalui e-mail, atau memantau langsung CCTV melalui aplikasi di ponsel berbasis android.

Untuk kemampuannya sendiri, Ulo dapat bertahan satu ming­gu penuh, apabila menggunakan fitur ekspresi mata, Ulo perlu diisi ulang setiap 2 hari sekali. Ulo juga tahan terhadap air, sehingga tidak menutup kemungkian untuk di­letakkan di luar ruangan. ima/R-1

 

sumber: www.koran-jakarta.com dengan judul Hadirkan Keamanan melalui Teknologi CCTV Terbaru terbit Senin 23/1/2017 | 01:00

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *